Diare – pengertian penyebab dan perawatan diare pada anak dan bayi

Written by admin. Posted in KESEHATAN

diarePenyakit diare adalah salah satu jenis penyakit saluran pencernaan yang sangat umum. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja baik pada anak, dewasa atau bahkan bisa menyerang pada orang tua. Sebagai penyakit saluran pencernaan sebenarnya penyakit ini bisa di cegah dan di obati. Dunia farmasi dan dunia kedokteran sudah semakin maju sekarang. Untuk itu pengobatan diare harus di lakukan dengan cepat dan tepat. Kenapa demikian? Seperti kita ketahui bersama bahwa masih sering kita dengan kematian yang di sebabkan oleh diare. Ini sebenarnya tidak harus terjadi bila penyakit diare ini di tangani dengan benar. Penyakit diare memang kadang di lihat sebagai penyakit ringan. Namun demikian bagi penderita penderita tertentu diare bisa menimbulkan kematian.

Pasien dewasa tentu ;lebih kuat dalam hal menghadapi diare. Lain ceritanya dengan anak anak dan manula. Bayi anak anak dan juga manula rentan terhadap dehidrasi. Oleh karena itu diare pada anak bayi dan manula haruslah di perhatikan dengan serius dan harus secepatnya mendapat pertolongan. Dehidrasi tingkat lanjut akan susah untuk di kembalikan ke level normal. Ini yang biasanya mengakibatkan komplikasi serius lainya seperti gagal ginjal gagal jantung yang bisa di ikuti dengan kematian. Jadi bukan diare nya yang menjadi masalah tapi komplikasi lain bila dehidrasi tidak bisa di atasi dengan cepat.

Pengertian diare

Diare adalah suatu keadaan di mama pasien buang air besar yang berlebihan dimana feses atau tinja biasanya berupa cair dan encer. Penyakit diare dalam istilah umumj di sebut mencret dan dalam bahasa malangan di sebut tencrem. Dalam bahasa inggris atau istilah medis disebut dengan diarrhea.

Beberapa ahli mungkin memberi definisi diare dengan kriteria yang berbeda. Tapi menurut saya asalkan air besar melebihi dari biasanya kita sudah harus waspada. Kita harus berpikir itu adalah diare. Dengan berpikir lebih cepat tentu kita bisa mengantisipasi dan bertindak lebih cepat pula. Ini tentu akan menghindari komplikasi diare yang sulit di kembalikan ke keadaan normal.

Penyebab diare.

Penyebab diare ada banyak karena memang banyak faktor yang menyebabkan diare atau buang air besar berlebih. Penyebab diare akan kita golong kan menjadi beberapa bagian:
a. Faktor makanan dan alergi.

Ada beberapa orang yang alergi terhadap makanan tertentu dan menimbulkan diare. Makan seperti Lombok juga bisa menyebabkan diare.
b. Karena kuman dan bakteri.
Bila anda kuman tertentu masuk saluran cerna bisa menyebabkan diare. Kuman tersebut seperti:
– Disenti.
– Batulisme.
– Kolera dll.
c. Diare karena penyakit tertentu.
Ada beberapa penyakit tertentu yang bisa menyebabkan diare seperti penyakit apendisitis, HIV aids dan masih banyak lagi lainya

Gejala diare.

Penyakit diare biasanya memberi gejala gejala sebagai berikut: Gejala utama dari penyakit diare adalah buang air besar yang terus berkelanjutan lebih dari 3 kali sehari. Tinja yang di keluarkan biasanya encer kadang berlendir. Dalam kasus tertentu kotoran bercampur darah. Diare sering juga di sertai dengan mual dan muntah. Timbul pegal di punggung dan kadang perut berbunyi. Bila tidak segera di atasi bisa jatuh dalam dehidrasi.

Diare pada anak dan bayi.

Seperti sudah sedikit kita disinggung di awal artikel ini diare pada anak harus di perhatikan dengan seksama. Jumlah cairan tubuh anak relatif lebih sedikit dari orang dewasa. Bila anak atau bayi kehilangan sedikit cairan saja maka akan mudah jatuh dalam situasi dehidrasi. Ini sangat tidak di inginkan. Dehidrasi pada anak juga lebih sulit di atasi daripada dehidrasi pada orang dewasa. Lalu apa yang harus anda lakukan ketika anak mengalamati diare? Berikut hal hal yang harus di lakukan ketika bayi/anak mengalami diare.

Perawatan diare pada anak

– Untuk bayi ASI terus di berikan. Bila memakai susu formula juga haruis tetap di lanjutkan.
– Untuk anak anak makan dan minum terus di anjurkan.
– Beri garam oralit untuk penanganan pertama sebelum di bawa ke tenaga kesehatan seperti bidan dokter maupun rumah sakit.
Para pembaca yang budiman, penyakit diare jangan di anggap penyakit ringan. Penyakit diare harus di tanggapi dengan serius karena penyakit diare bisa menyebabkan dehidrasi yang bisa menimbulkan kematian. Pergilah ke tenaga kesehatan terdekat bila diare tidak bisa di atasi.

Tags: , , , ,